Kasanah Kopi Nusantara, Dalam Medium Prospek Cita Rasa Kekinian

Kasanah Kopi Nusantara, Dalam Medium Prospek Cita Rasa Kekinian

Kabarplesir.com, Kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama anak muda milenial. Aroma kopi bak  menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.  Namun, bagaimana sejarah kopi Nusantara memberikan sentuhan rasa birasa pada kekinian tersebut ?

Kopi sejak masa sejarah dimulai Abad ke-17, saat Tanam Paksa kopi diperkenalkan oleh VOC ( Vereenigde Oost-Indishe Compagnie ) atau Hindia Belanda.   Awalnya kopi  ditanam di  pulau Jawa, kemudian menyebar ke  seluruh plosok Nusantara, seperti: Aceh, Sumatra Utara, Toraja,  Bali, dan Papua,dan  beberapa daerah  lainnya  yang  memiliki kopi dengan aroma dan karakteristik yang unik.

Kesadaran capaian dari kualitas olahan biji kopi inilah yang kelak akan menjadi prioritas,  karena kopi Nusantara telah menjadi trend gaya hidup anak muda milenial, bahkan merambat ke seluruh lapisan masyarakat  yang semakin menyadari akan pentingnya konsumsi berkelanjutan untuk mendukung produk lokal.  Dengan minum kopi dari brand-brand lokal, mereka membantu  mempromosikan produk unggulan Indonesia  ke mancanegara sehingga kopi  Indonesia mendunia.

Perbincangan bahwa semakin meningkatnya popularitas kopi Nusantara menjadi tantangan tersendiri bagi industri kopi di tanah air. Perlu  keberanian dan  inovasi  untuk mempertahankan  kwalitas biji kopi, agar  selalu  relevan di  tengah persaingan yang semakin ketat.

Dalam perkembangan jaman yang semakin maju,  aroma kopi Nusantara memiliki daya tarik yang tak tergantikan.  Aromanya yang harum  dan cita rasa yang khas, menjadikan karakter  kopi  nusantara  memiliki   sentuhan riwayat kopi dan filosofinya   tersendiri.  Nikmat terasa dalam setiap tegukan kopi Nusantara menjadikannya minuman yang tak terlupakan.   Kopi merupakan minuman yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia bahkan telah menjadi budaya warga dunia.

Dalam beberapa dekade terakhir, industri dan bisnis kopi Indonesia   telah mengalami perkembangan yang signifikan.  Generasi muda semakin tertarik pada kopi  karena kopi telah menjadi ritual baru  keseharian,  bahkan membentuk trend gaya hidup yang di terima oleh banyak kalangan tanpa batasan usia.  Hal  ini juga mengangkat  derajat  kopi  menjadi  bagian dari  gaya  hidup   keren dan modis, serta  menjadi simbol status sosial  gaya hidup generasi muda. Mereka ingin terlihat up to date dengan trend yang sedang berkembang dan memilih kopi sebagai salah satu bentuk pencitraan tersebut.

Selain dalam kerangka peningkatan mutu dan kualitas,  minat terhadap kopi juga di dorong oleh varian rasa dan jenis minuman yang di tawarkan.Industri kopi telah berkembang dengan cepat dengan munculnya berbagai inovasi dan kreasi baru dalam olahan cita rasa yang diciptakan. Kopi tidak lagi hanya tentang minuman hitam polos, tetapi juga tentang berbagai macam varian seperti : Cappucino,Latte,Mocchito,dan sejumlah racikan rasa berbeda. Seketika mereka dapat  menikmati dan memilih minuman kesukaan   mereka dengan melibatkan tingkat kreativitas dalam memesan minuman spesial ragam kopi.

Seiring dengan perkembangan bisnis kopi,  peran festival kopi  mendongkrak animo masyarakat menjadi salah satu sarana   popular bagi pelaku bisnisnya   untuk memperkenalkan produk mereka khalayak yang lebih luas. Festival kopi kini di pandang penting melihat bukan hanya menawarkan juga memamerkan produk kopi sebagai produk yang memiliki  brand baik dari pemain lama tetapi juga memberikan kesempatan bagi pemain baru untuk memperkenalkan inovasi dan kreasi menarik minat. Sasaran utama adalah keinginan mencapai dan prioritas oleh pelaku bisnis dalam festival kopi seperti meningkatkan kesadaran merek dagang di kenal luas baik jangkauan pasarnya tentunya juga meningkatkan angka penjualan yang fantastis.

Dalam festival kopi pemain lama dapat memainkan produk andalannya dan mempertahankan posisinya di pasar,  sementara pemain baru menciptakan pasar dengan inovasi dan ide-ide segar yang dapat mengawali lahirnya selera baru.Juga ajang kesempatan bagi konsumen untuk mencoba dan mengevaluasi kwalitas produk dan berbagai brand yang berbeda, sehingga konsumen dapat mengambil keputusan berdasarkan prefensi pribadi juga antusiasnya.

Industri kopi di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat.Bukan hanya penghasil kopi terbesar keenam di dunia,Indonesia juga telah menjadi salah satu negara dengan kwalitas kopi yang diakui secara internasional.Dibalik kemajuan ini,peran kemajuan ini barista dan inovasinya turut berkontribusi dalam menjadikan industri kopi Indonesia semakin berkembang.Mereka tidak hanya mengolah biji kopi menjadi minuman yang nikmat tetapi juga menciptakan varian baru yang khas, rasa dan metode penyajian yang unik.Para penikmat kopi menemukan cita rasa yang beragam model dan bentuk sajian.

Pada akhirnya kopi Nusantara semakin tumbuh dan terus berkembang seiring berjalannya perkembangan jaman dan proses kreativitas anak bangsa,Aroma kopi yang lezat dan bungkus cerita sejarah sebagai ilustrasi penciptaan kreasi terkandung di dalamnya pengalaman unik dan autentik pengalaman menikmati kopi.Mari terus mendukung industri kopi Nusantara untuk menjaga keberlangsungan budaya kopi kita, sekaligus memperkenalkan kepada dunia Internasional tentang tradisi minum kopi,dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,begitulah budaya kopi yang terus berlangsung hingga kini,kopi menjadi surganya kaum muda untuk menikmati seteguk selera Nusantara yang milik kita dan pewaris rasa Nusantara.Bravo kopi Indonesia .

Penulis: Fajar Sidiq Sukirnanto  (Kurator Seni rupa dan Sejarawan Seni).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply